April 7, 2014

Dukung Perbaikan Pendidikan Indonesia Lewat Bisnis Indonesia Writing Contest 2014!

Pagi dunia!
Sudah cukup lama tidak posting dalam bahasa (baca: bahasa Indonesia), jadi agak bingung mau menulis dalam bahasa baku atau tidak, ha ha.
Sejumlah postingan saya terakhir tertulis dalam bahasa Inggris. Sebenarnya bukan karena tidak suka menulis dalam bahasa, Tetapi hanya ingin sekedar melancarkan kemampuan menulis dalam bahasa asing. Jadi maklum saja kalau postingan-postingan tersebut kelihatan 'amatiran' dan grammar-nya kurang sempurna. Paling tidak, saya sudah mencoba.
Kali ini, saya tidak menge-post tulisan-seperti yang biasa saya tulis. Saya sedang mengikuti kontes menulis di Bisnis.com. Ada beberapa tema yang diangkat dan kebetulan saya memilih tema 'Membangun Pendidikan'. Bukan tanpa alasan, saya memilih tema ini karena didorong oleh keprihatinan terhadap dunia Pendidikan Indonesia yang masih perlu (banyak) perbaikan. Artikel saya dalam kontes ini membahas tentang kondisi dunia pendidikan Indonesia yang memiliki dua sisi berbeda. Bumi dan langit, istilah yang saya gunakan. Saya berangkat dari membandingkan dua sisi tersebut lalu menganalisis penyebab perbedaannya dan mencoba memberikan solusi atas fenomena tersebut dari kaca mata pandang saya, seorang amatiran di dunia pendidikan (maklum, titel saya juga masih satu). Mungkin solusi yang saya beri belum tentu merupakan solusi yang tepat, tetapi artikel ini saya tulis dengan tujuan sebagai bahan renungan kita semua atas pendidikan di Indonesia yang tidak hanya masih memerlukan banyak perbaikan, tetapi juga memerlukan perbaikan yang tepat. Akan sangat bagus sekali apabila teman-teman memberikan komentar di akhir artikel saya pada link berikut Bumi dan Langit Pendidikan Indonesia sehingga kita bisa mendiskusikan gagasan-gagasan yang lebih tepat lagi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Apabila artikel saya berkenan di hati teman-teman pembaca atau mungkin teman-teman sejalan dengan pemikiran saya, mohon bantuannya untuk mem-vote artikel saya tersebut. Voting bisa dilakukan di akhir artikel dengan meng-input karakter captcha dan meng-klik tombol submit vote. Jika berkenan, teman-teman dapat juga menge-share artikel ini melalui account jejaring sosial seperti facebook, twitter, linked in, ataupun google+ melalui tombol ikon di samping artikel untuk mengajak lebih banyak orang untuk turut membaca renungan ini dan menyumbangkan gagasannya.
Mungkin menulis artikel tentang pendidikan dan saling membagi inspirasi seperti yang saya dan teman-teman lakukan ini amatlah sederhana. Tetapi dengan kesadaran untuk melakukan hal-hal kecil dan sederhana inilah, kita sudah dapat memupuknya untuk berbuat hal berguna yang lebih besar lagi untuk kemajuan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.
Setiap orang punya keterbatasan masing-masing. Pada saat ini, saya belum mampu untuk mewujudkan dukungan saya terhadap perbaikan pendidikan di Indonesia dalam kancah yang lebih luas seperti turut urun rembug dalam menyusun sistem pendidikan bersama dengan pihak pemerintah. Tetapi at least, saya mencoba untuk mendukung dengan cara lebih sederhana, menuliskan artikel renungan dan (Insya Allah) inspiratif ini untuk membantu memberikan gambaran mengenai fenomena-fenomena di dunia pendidikan Indonesia dan membangkitkan kesadaran dini bagi masyarakat luas untuk turut menyumbangkan gagasannya bagi pendidikan Indonesia yang lebih baik.
Last, every big thing starts with a simple one. Ayo dukung perbaikan Pendidikan Indonesia dimulai dari hal kecil!
Click, vote, dan share link berikut Bumi dan Langit Pendidikan Indonesia 
^^